Categories
ARTIKEL

5 Cara Menabung Agar Bisa Beli Rumah

Memiliki rumah sendiri memerlukan usaha ekstra, karena untuk saat ini harga tanah sangatlah mahal dan akan terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini membuat banyak orang sangat berusaha untuk mencari banyak uang dan menabung. Adapun persiapan yang perlu diperhatikan untuk persiapan membeli rumah agar segera terkumpul.

  1. Tentukan kapan akan membeli rumah.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat planning kapan akan membeli rumah. Sehingga ketika berencana untuk mengumpulkan down payment rumah sesuai waktu yang sudah ditargetkan. Jika kita ingin membeli rumah di usia 30 tahun, dan jika dimisalkan umur saat ini sudah 25 tahun, maka wajib menabung selama 5 tahun untuk membayar DP rumah. Cara mudahnya yaitu dengan menyisihkan 10-20% dari gaji untuk tabungan  DP rumah. Atau mungkin menggunakan alternatif lain , yaitu dengan mengumpulkan uang DP rumah melalui investasi yang sangat rendah resiko seperti reksadana, obligasi dan logam mulia. 

  1. Buat Rencana Anggaran

Setelah merencanakan kapan membeli rumah,harus membuat target berapa kira-kira uang yang mau disisihkan dalam rentang waktu yang sudah direncanakan di awal. Hal penting lainnya yang kerap kali dilupakan adalah kemampuan finansial yang kita miliki, kita harus menyesuaikan rumah dengan kondisi finansial saat ini hingga tahun kedepannya.

  1. Membuka rekening khusus

Membuat rekening khusus sebagai bagian dari cara menabung untuk membeli rumah. Dengan membuat rekening autodebet akan secara otomatis kita dapat menabung sejumlah uang yang sama setiap bulannya atau setiap periodenya, dan disarankan rekening yang kita gunakan hanya ditujukkan untuk menabung dana rumah baru.

  1. Berhemat

Berperilaku hemat menjadi hal terpenting dalam menabung. Kita harus mengurangi pengeluaran yang sifatnya konsumtif untuk dialokasikan ke tabungan untuk membeli rumah. Adapun beberapa pernyataan yang dikeluarkan oleh CEO ZAP Finance, salah satu strategi menabung untuk membeli rumah yaitu dengan menyisihkan Rp. 50.000/hari  dan Rp. 1.500.000/bulan dan Rp. 18.000.000 di akhir tahun. Untuk mendapatkan Rp. 50.000 per hari kita dapat menyesuaikan dengan gaya hidup yang kita miliki. Mulai untuk mengurangi membeli barang/sesuatu hal yang sifatnya hanya konsumtif. 

  1. Menambah penghasilan & investasi

Selain menabung dan mengandalkan penghasilan utama, dapat juga untuk menambah penghasilan diluar pekerjaan utama. Untuk saat ini banyak sekali pekerjaan sampingan yang dapat dijalankan, dan menghasilkan banyak tambahan pemasukan. Pentingnya berinvestasi dan memulai dengan memilih sesuai profil risiko dan target pribadi, mulai saham, deposito, obligasi, menabung, asuransi, hingga reksa dana.

Jika anda tertarik untuk membeli rumah, dan mulai untuk mencari rumah. Anda dapat mengunjungi profil kami PT Jogja Graha Selaras. Rumah hanya mulai 500jt dan menyediakan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



    dibawah 6jt6jt sd 10jtdiatas 10jt